FAKULTAS SYARIAH DAN ILMU HUKUM UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG MENYELENGGARAKAN WORKSHOP PENYUSUNAN DOKUMEN LAPORAN EVALUASI DIRI (LED) AKREDITASI SEMBILAN KRITERIA

Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung telah sukses menyelenggarakan Workshop Penyusunan Dokumen LED Akreditasi Sembilan Kriteria pada 25-27 Mei 2023, Kegiatan tersebut dilaksanakan selama tiga hari di Hotel Surya Prigen Pasuruan. 
Kegiatan Workshop dibuka secara resmi pada pukul 16.00 WIB oleh Rektor UIN Sayyid Ali Rahmatullah Prof. Dr. Maftukhin, M.Ag. Dalam Sambutannya Rektor menjelaskan bahwa rangkaian workshop mengenai akreditasi Program Studi ini merupakan salah satu upaya pelaksanaan Kebijakan Akreditasi UIN SATU, Rektor juga menegaskan pentingnya Komitemen dan loyalitas dalam bekerja, bekerja selama jam kantor adalah kewajiban, sedangkan memikirkan kemaslahatan Lembaga diluar jam kantor adalah ibadah, seluruh civitas akademika UIN SATU harus memiliki kesadaran diri terhadap kinerja-kinerja yang berfokus pada pengembangan Lembaga.
Kegiatan workshop tersebut mengahadirkan  narasumber yang merupakan Asesor BANPT sekaligus ketua Lembaga Penjamin Mutu (LPM) UIN Raden Mas Said Surakarta  Dr. R. Lukman Fauroni, M.Ag. narasumber memaparkan mengenai keterkaitan erat LKPS dengan LED ini, bahwa dalam penyusunannya diperlukan kecermatan dalam mengamati bobot dan juga keeratannya dengan LKPS yang disusun Program Studi bersama Fakultas. Narasumber juga menjelaskan bahwa dalam workshop penyususnan LED ini diharapkan juga menjadi sarana penguatan pemahaman Rencana Strategis (Renstra) Fakultas kemudian diturunkan menjadi Renop (Rencana Operasional) dan diturunkan lagi menjadi program-program kerja ditingkat Program Studi (Prodi) kemudian mendokumentasikan seluruh kegiatan tersebut dalam sebuah Lembar Kerja Program Studi (LKPS) dan menarasikannya dalam bentuk LED menyangkut kepentingan dalam akreditasi.
Workshop Penyusunan Laporan Evaluasi Diri dihadiri oleh 60 peserta, Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman menyeluruh mengenai struktur LED, dan strategi dan teknis penyusunan LED itu sendiri. Pada workshop yang dihadiri para pejabat UIN SATU, Rektor, Wakil Rektor, Dekan FASIH, Seluruh Ketua Program Studi, Tim Penjamin mutu dan beberapa dosen Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum. Materi yang disampaikan oleh narasumber meliputi peraturan BAN PT terkait LED, Penyusunan LED, Bobot penilaian, dsan teknis analisisnya.
Acara ditutup oleh Wakil Rektor Tiga UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dengan kata penutup mengenai pentingnya bersinergi antara Universitas, Fakultas, dan Program Studi dalam penyusunan LKPS dan Laporan Evaluasi Diri sebagai salah satu instrument akreditasi yang akan diunggah di SAPTO BANPT. Prof. Dr Abad Badruzaman, M.Ag. Selaku Wakil Rektor Tiga menutup workshop dengan menjelaskan harapan-harapan, dengan workshop ini kedepannya LKPS, LED dapat dibuat secara terstruktur, terencana, dikerjakan bersama-sama dengan semangat yang tinggi maka akan lebih mudah mencapai akreditasi yang baik.