PUSAT STUDI FIKIH NUSANTARA MENGADAKAN PELATIHAN RISET FIKIH NUSANTARA BEKERJASAMA DENGAN DIKTIS KEMENAG RI

Hari Kamis s/d Sabtu, 22-24 Desember 2022 Pusat Studi Fikih Nusantara (PUSFINUS) mengadakan Pelatihan Riset Fikih Nusantara yang bertajuk "Riset Mujtahid Muda untuk Membangun Peradaban Islam Nusantara". Kegiatan yang diselenggarakan selama 3 (tiga) hari ini diperuntukkan bagi mahasiswa Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum dengan kuota terbatas, hal ini bertujuan akan diadakannya rencana tindak lanjut dari pelatihan riset ini. Kegiatan ini dibuka oleh Dekan Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum, Bapak Dr. H.Nur Efendi, M.Ag serta menghadirkan pemateri-pemateri yang sangat luar biasa. Hari pertama, Kamis 22 Desember 2022 sesi 1 dengan materi Metode Penelitian yang disampaikan oleh Dr. Zulfatun Ni'mah, M.Hum. Kemudian dilanjutkan sesi 2 dengan materi Sosiologi Hukum Islam yang disampaikan oleh Dr. Phil. Syaifudin Zuhri, M.A.
Dilanjutkan hari kedua, Jumat 23 Desember 2022 sesi 1 dengan materi Filsafat Hukum Islam yang disampaikan oleh Prof. Dr. Abdul Mun'im, M.Ag. Kemudian dilanjutkan sesi 2 dengan materi Metode Penelitian Fikih yang disampaikan oleh Dr. Ahmad Musonnif, M.H.I. Dilanjutkan pada hari terakhir, Sabtu 24 Desember 2022 sesi 1 dengan materi Penalaran Hukum Islam yang disampaikan oleh Ust. Ilham Nadzirin. Kemudian sesi 2 dengan materi Antropologi Hukum Islam yang disampaikan oleh Syahril Siddik, Ph.D.
Acara penutupan kegiatan Pelatihan Riset Fikih Nusantara ditutup oleh Dekan Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum yang diwakili oleh Wadek 3, Dr. M. Darin Arif Muallifin, S.H, M.Hum.  dengan harapan kegiatan ini dapat memberikan ilmu baru bagi peserta serta dapat melahirkan mujtahid-mujtahid muda dari UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung.