Diklat Ekonomi Islam

Himpunan Mahasiswa Jurusan Hukum Ekonomi Syariah mengadakan acara Diklat Ekonomi Islam (DEI). Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 8-9 Februari 2019 bertepatan hari jumat dan sabtu. Dengan mengambil konsep diskusi santai, kegiatan ini tidak muluk mencari kemewahan pada tiap kajian-kajian yang disuguhkan oleh panitia pelaksana. Ada tiga materi penting yang dikaji pada diklat ini, mulai tentang keorganisasian, administrasai dan mengenai FoSSEI.

Jumat pagi, acara dimulai dengan pembukaan yang bertempat di kelas SY 2.8. pembukaan disambut meriah oleh Bapak Darin selaku Wakil Dekan III Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum. Beliau memberikan berbagai pengalaman ketika mengikuti organisasi di zamannya dan memberikan motivasi untuk pengurus HMJ HES agar lebih serius dan semangat untuk mengemban amanah dalam berorganisasi.

Materi pertama mengenai keorganisasian yang dibimbing oleh Nur Habib Fauzi, SH sebagai pemantik. Ia juga termasuk alumni HMJ HES yang pernah menjabat sebagai ketua umum pada periode 2016/2017. Tiga pokok penting yang disampaikan, mengenai keorganisasian, management organisasi dan kepemimpinan. Banyak hal yang disampaikan selain kajian, mulai dari motivasi, saran dan trik dalam mengemban amanah di organisasi.

Meteri kedua yakni administrasi yang dibimbing oleh Okta Nilam Sari sebagai pemantik. Ia juga sebagai sekretaris Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) FASIH periode saat ini. Ia menjelaskan bagaimana cara taat administrasi pada organisasi. Mulai dari surat menyurat, tata kelola pengeluaran dan pemasukan dan penomoran pada sertifikat dan surat. Ia juga menyarankan untuk lebih tertib administrasi agar tidak ada kerancuan antara HMJ dan lembaga diatas HMJ.

Materi ketiga yakni tentang Forum Silaturahmi Studi Ekonomi Islam (FoSSEI) yang dibimbing oleh Muhammad Fauzi. Ia sebagai Koordinator FoSSEI Komisariat Kediri. Ia menjelaskan tentang sejarah, kaderisasi, dan pemetaan FoSSEI baik regional maupun nasional. Banyak ilmu yang kami dapat mengenai ekonomi islam tentunya.

Selesai materi disampaikan, pada malam hari kegiatan diakhri dengan sarasehan alumni. Tidak hanya alumni HMJ HES bahkan dari berbagai elemen lembaga ikut perpartisipasi untuk memberi motivasi bagi pengurus HMJ HES. Mulai dari Wakil Ketua DEMA FASIH, Ketua Umum SEMA FTIK, bahkan Presiden Mahasiswa IAIN Tulungagung juga ikut serta pada acara sarasehan malam itu. banyak cerita dari senior-senior yang sudah lebih dulu terjun di organisasi. Hal ini bisa membuat pengurus HMJ HES semakin mengerti liku-liku dalam berorganisasi. Malam semakin larut, istirahat pun tiba.

Sabtu pagi, setelah berbagai materi kita peroleh kegiatan dilanjutkan dengan dolan bersama. Karena bertepatan pada akhir masa libur semester ganjil dan lebih untuk merekatkan kekeluargaan antar pengurus, acara dilanjutkan untuk berlibur di bumi perkemahan jurang senggani, Sendang Kabupaten Tulungagung. Kita melakukan evaluasi terutama untuk kelanjutan agenda HMJ HES kedepannya.