MUAMALAH FESTIVAL 2019

Dalam rangka Dies Maulidiyah Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum IAIN Tulungagung yang ke-16,  Himpunan Mahasiswa Jurusan Hukum Ekonomi Syariah telah menyelenggarakan serangkaian kegiatan yang dikemas dalam acara Muamalah Festival, meliputi lomba futsal, lomba peragaan busana (Muslim In Style Fashion Show), dan lomba menulis esai. Festival ini diadakan pada tanggal 27-28 Maret 2019,  berlokasi di Lapangan Utama IAIN Tulungagung, dan diikuti  oleh Mahasiswa Hukum Ekonomi Syariah dari Semester 2 sampai Semester 8. Lomba futsal dan fashion show terlihat meriah dan seru karena semua peserta yang merupakan perwakilan dari setiap kelas mengikuti lomba dengan penuh antusias, sedangkan mahasiswa lain yang tidak ikut lomba memberikan dukungan dan semangat kepada tim kelasnya. Tampil sebagai juara I Futsal adalah HES Semester 8, Juara I fashion Show adalah HES Kelas 2 C, adapun juara esai yang pesertanya bersifat individual diraih oleh Ning Elok Mukaromah dari HES 4 B.

Malam puncak Muamalah Festival yang diselenggarakan pada tanggal 28 Maret 2019 pukul 18.30-22.30. Pada kesempatan ini, digelar pertunjukan musik akustik yang menampilkan IAIN Voice dan Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini IAIN Tulungagung serta bintang tamu Diandra Band yang dikenal sebagai band terbaik di Tulungagung. Di samping itu, pada malam puncak festival ini, dianugerakan pula Indeks Prestasi Award yang merupakan penghargaan kepada mahasidswa-mahasiswi yang berhasil meraih IP tertinggi, terdiri dari kategiri tertinggi di tingkat kelas, angkatan dan jurusan Hukum Ekonomi Syariah.

Sebagai simbol peringatan ulang tahun, pada malam puncak festival juga dilakukan pemotongan tumpeng sekaligus pembacaan doa oleh Wadek 3 Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum, Bapak Dr. Darin arif Muallifin, SH, M. Hum. Turut hadir dalam kesempatan ini, Ketua Jurusan HES, Ibu Dr. Zulfatun Ni’mah, SHI, M. Hum yang juga berkenan menyampaikan apresiasinya atas penyelenggaraan acara ini dan motivasi agar mahasiswa HES terus mengasah bakat dan minatnya, baik di bidang akademik maupun non akademik, agar menjadi pribadi yang unggul dan dapat memberikan sebanyak-banyaknya manfaat kepada sesama.

Ketua HMJ HES, Irsyad Umam M, selaku penanggungjawab acara ini menyatakan rasa syukurnya atas berjalan lancarnya seluruh rangkaian Dies Maulidiyah ke-16 ini. “Ini adalah kali pertama di Fakultas syariah dan Ilmu Hukum diselenggarakan acara yang konsepnya out door. Alhamdulillah lancar dan meriah. Melalui acara ini kami ingin menunjukkan bahwa Mahasiswa Hukum Ekonomi Syariah mempunyai talenta yang beragam, ada yang di bidang fashion, ada yang di bidang olahraga, tentu saja ada pula yang di bidang akademik. HMJ mengapresiasi keragaman talenta ini serta ingin mewadahi agar semakin berkembang. Kami berharap, efek dari acara ini adalah bertambah kuatnya  rasa kekeluargaan dan kebersamaan mahasiswa se-jurusan Hukum Ekonomi Syariah. Evaluasi demi evaluasi dilewati. Berharap agenda yang akan diselenggarakan selanjutnya akan lebih baik dan lebih meriah. Kegagalan dan kekurangan dijadikan pengalaman dan inspirasi di kemudian hari”, katanya.