FAKULTAS SYARIAH DAN ILMU HUKUM MENGADAKAN TRY OUT CALON HAKIM

Fakultas Syari’ah dan Ilmu Hukum Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung mengadakan kegiatan Try Out Calon Hakim yang diperuntukkan bagi lulusan (fresh graduate) dan mahasiswa tingkat akhir Fakultas Syari’ah dan Ilmu Hukum. Kegiatan Try Out Calon Hakim Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung diselenggarakan pada hari Sabtu tanggal 10 Desember 2022 di Aula Lantai 6 Gedung Saifuddin Zuhri Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung.
Kegiatan ini mengundang Bapak Dr. H. Toif, M.H. (Hakim Pengadilan Agama Kabupaten Kediri) sebagai narasumber pertama, Ibu Niska Shofia, S.Si., S.H., M.Pd. (Calon Hakim Pengadilan Agama Kabupaten Kediri) juga sebagai narasumber kedua, dan juga Gigih Gunawan Syah, S.Kom.yang merupakan Pranata Komputer Pengadilan Agama Kabupaten Kediri. Dengan menggandeng narasumber yang sudah berkompeten di dunia pengadilan dan sudah berpengalaman dalam menghadapi seleksi calon hakim. 
Tentunya sangat diharapkan seluruh peserta Try Out Calon Hakim mendapatkan pengalaman untuk menghadapi seleksi SKD dan SKB persis dengan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang dilaksanakan oleh Mahkamah Agung dengan metode Computer Assited Test (CAT) yang merupakan sistem seleksi berbasis komputer.
Para peserta yang sudah terdaftar dan hadir, diwajibkan membawa perlengkapan alat tulis dan perlengkapan laptop untuk latihan simulasi tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Kegiatan Try Out Calon Hakim diawali dengan sambutan dari Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Bpk. Dr. H. M. Darin Arif Mu’allifin, S.H., M.Hum, yang berpesan kepada peserta untuk memanfaatkan kesempatan yang sebaik-baiknya pada kegiatan Try Out Calon Hakim ini, sebagai pengalaman dan persiapan bagi peserta kegiatan yang nantinya berminat untuk mengikuti Seleksi CPNS Calon Hakim Mahkamah Agung. Pada sesi pertama diisi dengan pengarahan dan penjelasan seputar peran dan tugas seorang hakim, yang kemudian dilanjutkan dengan strategi dan tahapan yang harus ditempuh untuk menjadi seorang hakim, yang disampaikan oleh Bapak Dr. H. Toif, M.H. 
Sesi kedua dilanjutkan oleh narasumber kedua, Ibu Niska Shofia, S.Si., S.H., M.Pd. sharing pengalaman dan perjuangannya untuk dapat lolos seleksi calon hakim dan berbagi strategi, tips, dan trik mengerjakan soal secara cepat dan tepat dalam Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Sesi berikutnya yaitu Simulasi Tes SKD selama 100 menit dan Tes SKB yang dipandu dan diawasi langsung oleh ketiga pemateri yang dihadirkan. Sekaligus memberikan pengarahan apabila terjadi kendala dalam mengerjakan soal model SKD yang berbasis komputer. Setelah selesai pengerjaan soal dapat diketahui skor masing-masing peserta yang sebagian lolos memenuhi passing grade test dan sebagian lainnya masih belum lolos. Sesi terakhir yaitu pembahasan soal SKD dan berbagi trik dalam menjawab soal SKD dan SKB oleh Bapak Dr. H. Toif, M.H. Selain itu juga diselingi tanya jawab dari peserta kepada para narasumber.
Acara ditutup dengan doa dan ucapan terima kasih dengan penyerahan piagam penghargaan kepada para narasumber. Lantunan doa dipandu oleh  Bpk. Dr. H. M. Darin Arif Mu’allifin, S.H., M.Hum, semoga dengan selesainya kegiatan ini dapat memberikan berkah, pengalaman dan manfaat bagi seluruh peserta.