RAPAT AWAL PERKULIAHAN: PENGUATAN KAPASITAS DOSEN DAN DIGITALISASI PEMBELAJARAN

Pada Rabu, 31 Januari 2024, Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung menggelar rapat awal perkuliahan semester genap di meeting room fakultas. Acara ini dihadiri oleh seluruh dosen fakultas sebagai langkah awal untuk memastikan tahun akademik ini dimulai dengan semangat positif dan energi yang tinggi. Fokus utama rapat ini adalah membahas strategi penguatan kapasitas dosen dan implementasi digitalisasi pembelajaran melalui pelatihan penggunaan smart board. Rapat dimulai dengan pengarahan pimpinan Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum, yang menekankan pentingnya peningkatan kapasitas dosen sebagai langkah krusial dalam menyediakan pembelajaran berkualitas.

Dalam rapat ini juga membahas implementasi digitalisasi pembelajaran melalui pelatihan penggunaan smart board. Tim teknologi informasi memberikan pemaparan tentang manfaat dan potensi smart board dalam meningkatkan interaktivitas dan kualitas pembelajaran. Melalui rapat ini, langkah-langkah ini akan memberikan dampak positif pada kualitas pembelajaran di Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. 
Tim teknologi informasi memberikan presentasi mengenai fungsi dan kegunaan smart board. Dosen-dosen Fasih diberikan pemahaman mendalam tentang cara mengoperasikan smart board, termasuk cara menampilkan materi pembelajaran, menggunakan alat bantu interaktif, dan memanfaatkan fitur-fitur pintar lainnya. Sesi pelatihan juga mencakup demonstrasi langsung tentang cara menyusun dan menyajikan materi kuliah menggunakan smart board. Para dosen secara aktif terlibat dalam praktik langsung di kelas dengan mencoba sendiri berbagai fitur dan alat interaktif yang disediakan.
Output dari rapat ini adalah adanya komitmen bersama dari seluruh dosen untuk terus meningkatkan kapasitas, saling mendukung, dan bersama-sama menjadikan Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung sebagai pusat pendidikan yang unggul dan inovatif. Semangat perubahan dan peningkatan kapasitas dosen diharapkan dapat menciptakan lingkungan pembelajaran yang dinamis dan responsif terhadap tuntutan zaman melalui digitalisasi pembelajaran.