STUDI BANDING PKBH dan PUKAT FH UGM

17 Juli 2023 – Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum UIN Sayyid Ali Rahmatullah melalui Wakil Dekan bidang Kerjasama dan Kemahasiswaan, Dr. H. M. Darin Arif Mu’allifin, S.H., M.Hum. melaksanakan Kunjungan Kelembagaan dalam rangka Studi banding di Pusat Konsultasi dan Bantuan Hukum (PKBH) dan Pusat Kajian Anti Korupsi (PUKAT) di di Fakultas Hukum Universitas Gajah Mada (FH UGM) Yogyakarta. 

Dalam kunjungan ini, rombongan dari Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum UIN Sayyid Ali Rahmatullah berfokus pada mendalami praktik dan metode kerja yang diterapkan oleh PKBH dan PUKAT FH UGM dalam mengatasi permasalahan hukum, terutama yang berkaitan dengan bidang hukum syariah dan pencegahan korupsi.

Dr. H. M. Darin Arif Mu’allifin, S.H., M.Hum., menyampaikan pentingnya pertukaran pengalaman antarperguruan tinggi untuk memperkaya wawasan dan pengetahuan dalam pengembangan ilmu hukum syariah. "Kunjungan ini memberikan kesempatan bagi kami untuk belajar dari praktik terbaik yang dilakukan oleh PKBH dan PUKAT FH UGM dalam memberikan layanan hukum yang berkualitas dan relevan dengan tuntutan zaman," ujar Dr. Darin. Sementara itu, Pengelola PKBH FH UGM dan PUKAT FH UGM, menyambut baik kedatangan rombongan dari UIN Sayyid Ali Rahmatullah. Mereka menyampaikan harapan agar kunjungan ini dapat menjadi awal dari kerja sama yang lebih intensif antara kedua institusi dalam pengembangan ilmu hukum syariah dan pencegahan korupsi di Indonesia. Di akhir kunjungan, diharapkan terjalin kerja sama yang konkret antara Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum UIN Sayyid Ali Rahmatullah dengan PKBH dan PUKAT FH UGM untuk meningkatkan kapasitas dan kontribusi ilmiah dalam rangka membangun sistem hukum yang lebih adil dan berintegritas di tanah air.