PROGRAM STUDI HUKUM TATA NEGARA FASIH IAIN TULUNGAGUNG RAIH PREDIKAT TERAKREDITASI B

Program Studi Hukum Tata Negara (Siyasah Syar’iyyah) berhasil meraih predikat B untuk Akreditasi Program Studi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Keputusan BAN-PT yang ditetapkan pada tanggal 14 Mei 2019 tersebut adalah hasil akhir dari rangkaian proses akreditasi program studi HTN yang memperoleh izin penyelenggaraan pada tahun 2015.

Salah satu tahapan akreditasi yaitu Asesmen Lapangan (AL) dilaksanakan pada tanggal 1-3 Mei 2019. Tim asesor BAN-PT yang melakukan AL adalah Dr. Ahmad Yani Anshori, M. Ag. (Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga) dan Dr. M. Nurul Irfan, M. Ag. (Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah). Asesmen Lapangan Program Studi HTN dibuka oleh Rektor IAIN Tulungagung, Dr. H. Maftukhin, M. Ag. AL juga dihadiri oleh Wakil Rektor, Dekan, Guru Besar, perwakilan lembaga dan UPT di lingkungan IAIN Tulungagung. Selain itu, beberapa pengguna lulusan yang turut hadir pada AL Program Studi HTN adalah: PERADI, KPUD, Pengadilan Negeri, Kejaksaan, Kepolisian, Sekretaris Daerah, dan Biro Hukum Pemerintah Daerah Kabupaten Tulungagung serta Imigrasi Kabupaten Kediri.

Dengan predikat terakreditasi yang telah diraih, Program Studi HTN bisa melahirkan lulusan yang akan diwisuda pada tahun ini. 14 mahasiswa HTN yang sudah menjalani sidang skripsi pada awal tahun 2019 dipastikan bisa mengikuti wisuda pada tahun yang sama. Selain itu, predikat terakreditasi diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan publik baik nasional maupun internasional pada Program Studi HTN khususnya dan IAIN Tulungagung pada umumnya (nrf).