Seminar Legal Drafting: Politik Hukum Perundang-undangan di Indonesia

Sebagai bagian dari peningkatan kualitas penyelenggaraan akademik khususnya bagi mahasiswa jurusan Hukum Tata Negara Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum IAIN Tulungagung menyelenggarakan Seminar Legal Drafting: Politik Hukum Perundang-undangan di Indonesia di lantai 6 Gedung Saifuddin Zuhri yang dihadiri tidak hanya mahasiswa namun juga sebagian dari dosen pengajar di lingkungan Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum IAIN Tulungagung.

Menghadirkan pemateri dari Universitas Trisakti Jakarta yaitu Dr. Ahmad Ahsin Thohari, S.H., M.H. Dalam kegiatan kali ini, pemateri menyampaikan keinginannya kepada Mahasiswa S1 untuk lebih akrab dengan Politik Hukum di Indonesia khususnya dalam proses lahirnya sebuah produk perundang-undangan karena selama Politik Hukum hanya diajarkan pada level Magister dan Doktoral.

Tujuannya agar semua jenjang pendidikan tinggi dapat memahami kondisi aktual yang terjadi di Indonesia terkait proses pembentukan peraturan perundang-undangan, antaranya adalah pada saat Negara, secara kelembagaan adalah DPR dan Presiden hendak membuat kebijakan diperlukan sebuah pertimbangan dari berbagai sudut pandangan antara lain adanya desain peraturan perundang-undangan, kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan dan mutu pelaksanaan peraturan perundang-undangan itu sendiri.

Sesi dilanjut dengan tanya jawab yang sangat antusias oleh mahasiswa. Berbagai pertanyaan terkait isu terkini tentang pengesahan beberap peraturan perundang-undangan oleh DPR RI yang dinilai cukup kontroversial oleh sebagian kalangan dan juga gerakan mahasiswa yang menyatakan ketidaksetujuan dalam proses pembentukan peraturan perundang-undangan juga tidak luput dari pembahasan.