ASESMEN LAPANGAN JURUSAN HUKUM EKONOMI SYARIAH

Mutu sebuah Perguruan Tinggi ditentukan oleh kualitas manajemen yang ada dalam sebuah Perguruan Tinggi yang ditentukan oleh berbagai kriteria-kriteria yang sudah ditetapkan, begitu juga halnya dengan mutu sebuah jurusan atau program studi. Penentuan mutu dari sebuah program studi ditentukan melalui kriteria yang didasrakn pada Standar Nasional Perguruan Tinggi (SNPT) yang pada implemntasinya melalui adanya sebuah kegiatan yang disebut Akreditasi Program Studi. Adanya kegiatan Akreditasi ini hamper dilakukan oleh semua jenjang Program studi, tidak terkecuali Jurusan Hukum Ekonomi Syraiah (HES) Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum IAIN Tulungagung yang melaksankan akreditasi, yang pada proesesnya sudah berjalan hamper tiga tahun lamanya mulai dari pembuatan borang sampai dengan upload borang pada SAPTO Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), proses yang  Panjang tersebut seharusnya sudah mulai menemukan jawabannya pada tahun 2020 awal untuk di Asesmen lapangan, akan tetapi karena adanya pendemi COVID-19 akhirnya diundur, sampai akhirnya pada tanggal 22-23 Januari kemarin Jurusan Hukum Ekonmi Syraiah (HES) dilakukan Asesmen Lapangan.

Asesmen Lapangan merupakan penilaian yang dilakukan oleh Tim Asesor BAN-PT secara langsung  dengan melakukan kunjungan kepada Lembaga yang akan diakreditasi, dalam asesmen lapangan asesor mendatangi Lembaga yang akan diakreditasi dengan mengkonfirmasi narasai yang ada diborang dengan yang ada dilapangan, yang meliputi sarana prasarana, Sumber Daya Manusia, mahasiswa dan lulusan, Dosen. Akan tetapi pada masa pandemi seperti sekarang ini asesor tidak datang langsung kepada Lembaga yang akan diakreditasi, hanya dengan memakai platfom Zoom Cloud Meeting.

Dalam asesmen lapangan kali ini yang ditunjuk oleh BAN-PT untuk melakukan Asesmen lapangan terahadap Hukum Ekonomi Syariah (HES) ada dua orang Asesor, yaitu Dr. Abdul Mujib M.Ag dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan Dr. Syahrul Adam, M.Ag dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Kegiatan asesmen lapangan ini dibuka langsung Oleh Rektpr IAIN Tulungagung yaitu Prof. Dr. Maftukhin, M.Ag. Kegiatan asemen lapangan ini  secara operasional dipusatkan di Meeting room Gedung KH. Saifudin Zuhri. Dan tidak semua orang bisa ikut dalam kegiatan tersebut secara langsung karena dalam keadaan pandemi hanya orang-orang yang berkepentingan saja dan tim borang yang boleh mengiktui acara tersebut. Asesmen lapangan ini ditutp pada tanggal 23 Januri 2021 oleh Wakil Rektor I IAIN Tulungagung yaitu DR. Abdul Aziz, M.Ag.