MAHASISWA PRODI HTN FAKULTAS SYARIAH DAN ILMU HUKUM RAIH JUARA I NASIONAL KOMPETISI LEGAL OPINION

 
Bangkalan — Tiga mahasiswa Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum (FASIH) UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung kembali menorehkan prestasi yang menjadi kado terindah di akhir tahun 2022. Kali ini Djagad Sultan Q. Z., Rizky Saputra, dan Acmat Abidin sebagai satu tim berhasil memperoleh Juara 1 Kompetisi Legal Opinion di National Trunojoyo Law Festival yang diselenggarakan oleh Universitas Trunojoyo, Madura. Kompetisi yang mengusung tema "Problematika Penegakan Hukum Sepakbola" ini digagas dengan sejumlah cabang perlombaan mulai dari Legal Opinion, Debat Hukum, hingga Contract Drafting. 
 
Pelaksanaan kompetisi diawali pada tanggal 1 November 2022 (pendaftaran) sampai pada finalnya yakni tanggal 27 November 2022. Kompetisi diselenggarakan secara daring (online), dari seleksi berkas LO hingga presentasi dan tanya jawab.
 
Dalam kompetisi ini Djagad, dkk. Menyusun Pendapat Hukum (LO) berkenaan dengan tragedi yang menewaskan banyak korban jiwa di dalam lingkup pertandingan sepakbola. Ranah pembahasan dan rekomendasi upaya hukum yang ditawarkan pun berupa upaya hukum nasional serta upaya hukum olahraga. Konteks hukum olahraga (lex sportiva) memang termasuk produk pluralitas hukum yang cukup jarang menjadi konsentrasi sebagian besar mahasiswa hukum. Akan tetapi, syukur alhamdulillah. Dalam kompetisi ini, tim Djagad, dkk. Mampu menyusun dan memaparkan LO dengan optimal dan dapat berbuah hasil nan manis.