FAKULTAS SYARIAH DAN ILMU HUKUM MENYELENGGARAKAN YUDISIUM KE-36

Yudisum ke 36 Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum kali ini berlangsung pada hari Selasa 22 Agustus 2023 di Gedung Arif Mustaqim UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Acara dberlangsung dengan khidmat sejak pada pukul 13.00 sampai 16.00. Sedikit berbeda dengan narasumber sebelum-sebelumnya, Narasumber pada yudisium kali ini adalah Prof. Euis Nurlelawatu, Ph.D, Guru Besar Hukum Keluarga dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta,  dalam perhelatan yang bertajuk  Studi Hukum : Menjadi Sarjana Hukum yang kompeten dan berintegritas tinggi Prof Euis menekankan pentingnya Mahasiswa dalam keahlian mengakses informasi terkait perkembangan hukum baik lokal maupun global, arus perkembangan hukum sangat pesat, maka Mahasiswa hari ini tidak cukup hanya menguasai kemampuan teori saja namun juga harus memiliki skill dan akses pengetahuan yang luas.

  
Dekan Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum, Dr.H. Nur Efendi, M.Ag memberikan wejangan kepada calon wisudawan untuk seger memiliki program kegiatan pasca lulus kuliah jenjang strata satu (S-I) , baik bekerja, berkhidmah kepada mayarakat atau melanjutkan sekolah di strata dua (S-2), Dekan juga menjelaskan pentingnya menjaga nama baik kampus, mengharumkan Namanya dengan bermanfaat kepada sesame dalam bentuk apapun yang positif.
Setelah Dekan memberikan sambutan, dalam acara ini Narasumber membekali Calon wisudawan yang berjumlah 144 untuk menambah kecintaan terhadap kekayaan pemahaman hukum, menambah praktek dan kritis dalam merespon fenomena dalam kehidupan keseharian dan mempelajari tantangan-tantangan perdebatan atas status hukum Islam permasalan hukum Islam. Narasumber juga mengajak calon wisudawan untuk meningkatkan daya kriti  pemikiran di kalangan kawan-kawan mahasiswa dan Dosen, tidak hanya Mahasiswa, Dosen sebagai  pengampu matakuliah juga harus  up to date  informasi , produk hukum, dan hal-hal yang berkaitan dnegan perkembangan hukum baik lokal maupun global. Prof Euis memberikan ragam alternatif pekerjaan yang bisa di akses setelah Mahasiswa menamatkan jenjang SI, Prof Euis juga menceritakan pengalaman-pengalaman akademiknya mulai proses pembibitan Dosen setelah lulus SI, proses mendaftar study di Luar Negeri di S2 dan S3 dan program-program penelitian dan Fellowship dibeberapa negara. Diakhir sambutannya, Narasumber mengajak para calon wisudawan Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum untuk tertarik dalam meningkatkan pemahaman dengan pembacaan kritis baik sebagai praktisi maupun akademisi
Yudisium ke 36 yang diikuti 54 Mahasiswa HES, 54 Mahasiswa HKI dan 36 Mahasiswa HTN ditutup dengan pengumuman-pengumuman dan pembacaan Mahasiswa berprestasi Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum tahun akademik 2023/2024, dari Prodi Hukum Ekonomi Syariah, terbaik satu diraih oleh Sindi Elphina, kemudian terbaik kedua diraih Ida Rohmawati dan terbaik ketiga diraih Ema Kristiawati, sedangkan untuk prodi Hukum Keluarga Islam , terbaik pertama diraih oleh Lailatul Mayangsari, terbaik dua diraih Andrew Dharmawan dan terbaik ketiga diraih oleh Aninda Nidhomil Hilma, untuk Prodi Hukum tata Negara , Mahasiswa terbaik pertama dirih oleh Djagat Sultan Qadhi Zaka, terbaik kedua diraih oleh Ulul Khofsoh dan terbaik ketiga diraih oleh Nur Hamida Kholil Al-Syafii.