PRODI HUKUM TATA NEGARA FAKULTAS SYARIAH DAN ILMU HUKUM UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG MENGADAKAN PRAKTIK IJTIHAD DENGAN TEMA METODE IJTIHAD FIQH SIYASAH

Fakultas Syari’ah dan Ilmu Hukum (FASIH) Universitas Islam Negeri (UIN) SayyidAli Rahmatullah Tulungagung kembali menyelengarakan kegiatan Praktik Ijtihad untuk mahasiswa Program Studi Hukum Tata Negara dengan tema “Metode Ijtihad Fiqh Siyasah”. Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Syaifuddin Zuhri lantai 6. Acara yang dihadiri oleh Mahasiswa Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, khususnya mahasiswa Hukum Tata Negara ini, menghadirkan Narasumber Dr. KH. Bagus Ahmadi, S, Pdi., M. Sy. yang merupakan Katib Syuriah PC NU Tulungagung. Adapun yang bertugas menjadi moderator seminar adalah Muhammad Amiril A’la, M.H., selaku Dosen Hukum Tata Negara di Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum UIN SATU Tulungagung.
Seminar yang dilaksanakan pada hari Jum’at 19 Mei 2023 ini dihadiri oleh puluhan peserta dari mahasiswa Program Studi Hukum Tata Negara UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Kegiatan ini berlangsung sukses serta mendapat respon positif dari banyak pihak khususnya dukungan dari Dekan Fakultas Syari’ah dan Ilmu Hukum (FASIH) Universitas Islam Negeri Sayyid Ali rahmatullah Tulungagung, Dr. H. Nur. Efendi, M.H., Wakil Dekan, Ketua Jurusan, Koordinator Prodi HTN, dan serta para dosen di lingkup Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum. 
Pada seminar tersebut, narasumber menyampaikan materi tentang pentingnya mempelajari ilmu agama, secara khusus mempelajari ilmu fiqh, serta ilmu-ilmu “alat” lainnya, sebagai landasan bagi mahasiswa bisa mengkaji berbagai permasalahan dalam perspektif-landasan Qawaid – Ushul Fiqh serta mengenal dan mempelajari Maqashid As-Syariah sebagai pertimbangan dan dasar dalam mengkaji berbagai ilmu, termasuk dalam siyasah atau ilmu politik. Metode Ijtihad Fiqh Siyasah adalah tentang bagaimana mempelajari, menelaah, mengkaji dan melakukan ijtihad untuk menemukan kesimpulan-kesimpulan dari hasil ijtihad yang dilakukan. Agenda selanjutnya dilanjutkan dengan tanya jawab bersama mahasiswa/ peserta.