FASIH ADAKAN WORKSHOP PENULISAN KARYA ILMIAH HUKUM DAN JURNALISTIK

Menghasilkan lulusan yang kompeten di bidang akademik dan professional adalah bagian dari visi Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum IAIN Tulungagung. Untuk mewujudkan itu, salah satu upayanya pada tanggal 30 Oktober 2019 Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum mengadakan pelatihan atau workshop tentang Penulisan Karya Ilmiah Hukum dan Jurnalistik. Ada 50 mahasiswa yang menjadi peserta pelatihan ini. Mereka adalah perwakilan mahasiswa dari jurusan HES, HKI maupun HTN. Masing-masing jurusan mendelegasikan 16 mahasiswa.

Dr. Zulfatun Ni’mah, S.H.I, M.Hum didapuk sebagai narasumber materi penulisan karya ilmiah hukum. Dalam pemaparannya, karya ilmiah hukum itu ada tiga macam jenisnya. Pertama, karya ilmiah hukum yang fokus kajiannya adalah hokum sebagai norma. Kedua, hokum sebagai perilaku sosial, dan terakhir, yakni ketiga, hokum sebagai nilai-nilai ideal. Adapun untuk materi jurnalistik hukum, Fasih mengundang seorang mantan wartawan nasional, Muhammad Faizin Adi Permana, S.H.I., untuk menyampaikan beberapa materi tentang artikel hukum. Sama seperti penulisan berita-berita lainnya, artikel jurnalistik hukum juga meliputi tiga kriteria dalam penulisan berita yang terkait hukum, yaitu depth news, straight news dan features. Dalam penjelasannya yang berkaitan dengan jurnalistik hukum, seorang jurnalis harus mengerti aturan hukum, minimal dia harus menyebutkan dalam artikelnya terkait dengan aturan hukum yang mengatur persoalan hukum yang ditulis dalam artikel tersebut. Misalnya tentang kasus korupsi, maka dalam penulisan artikel jurnalistik hukum, seorang jurnalis harus menuliskan salah satu pasal dari undang-undang tipokor yang menjerat kasus tersebut, demikian seterusnya.

Mahasiswa sangat antusias mengikuti kegiatan workshop ini. Workshop yang dimulai dari pukul 09.00 sampai 15.00 ini berhasil memotivasi mahasiswa untuk menulis artikelnya. Baik berupa karya ilmiah hukum maupun artikel jurnalistik. Selanjutnya, artikel-artikel tersebut ditindaklanjuti dalam bentuk kegiatan klinik menulis setelah acara workshop ini selesai.