STUDIUM GENERAL FASIH DATANGKAN PAKAR ANTI KORUPSI DARI UGM YOGYAKARTA

Rabu tanggal 18/11/2020 Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum menggelar Studium General tentang Mewujutkan Negara Hukum Indonesia Bebas Korupsi. Karena dimasa pandemi covid 19 Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan media zoom yang diikuti oleh 300 mahasiswa dan via youtube 400  mahasiswa dari jurusan Hukum Keluarga Islam, Hukum Ekonomi Syariah dan Hukum Tata Negara.

Dalam studium general tersebut menghadirkan Narasumber Dr Zainal Arifin Mochtar, L.L M, sebagai narasumber yang merupakan dosen senior  Hukum Tata Negara di Universitas Gajah Mada (UGM), beliau  sebagai penggiat anti korupsi (pukat) dan juga sering tampil di acara Indonesian Club Lawyers (ILC) TV One. Wakil Dekan 3 Fasih IAIN Tulungagung, pada sambutannya bahwa kegiatan tersebut ditujukan supaya para mahasiswa yang nota bene sebagai calon calon sarjana bisa memahamkan konteks ideal negara hukum yang bebas korupsi yang sampai sekarang masih banyak terjadi dimana mana, cara untuk mengatasi korupsi harus dimulai dari diri kita semoga kedepan bisa berbudaya hukum yang baik.

Maka dari itulah, dengan menghadirkan beliau Dr Zainal Arifin Mochtar, L.L M, ini kita bisa berdiskusi panjang mengenai mewujudkan negara hukum Indonesia bebas korupsi. Bahwasanya dampak korupsi akajn langsung mengancam, menggerus pemerintahan oleh karena itu yang diperkuat adalah transparency dan accuntabilitas. Selain itu juga diulas bahwa lebih dari 70% negara negara di dunia mengalami masalah korupsi, terus siapa yang bisa merubah: apabila mereka seorang pemimpin maka jatuhkan mereka dalam pemilu (jangan di pilih). Salah satu dosen Fakultas Syariah dan Ilmu hukum menulis di group “Saya tidak berharap Indonesia bebas korupsi saat ini, namun saya berkeinginan kelak anak cucu saya akan menikmati Indonesia yang yang lebih baik, lebih bersih. Maka Gerakan pemberantasan korupsi adalah semacam tanaman jangka Panjang yang butuh waktu untuk menunggu panen”. Dr. Zainal Arifin Mochtar, L.L.M yang juga sebagai pakar anti korupsi Universitas Gajah Mada Yogyakarta memberi pesan khusus kepada mahasiswa untuk selalu memegang idealisme baik ketika masa kuliah ataupun setelah lulus kuliah, agar bangsa ini benar-benar menjadi bangsa yang bersih dan bermartabat, selain itu beliau juga berepesan kepada seluruh mahasiswa Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum IAIN tulungagung agar jangan melupakan tugas sosial yang diembannya sebagai penyambung lidah masyarakat, selain sebagai insan akademik.