JURUSAN HES IAIN TULUNGAGUNG GELAR PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

Alhmdulillah...berjalan sukses, seluruh peserta sangat antusias mengikuti acara dari awal hingga akhir. Didesain jauh dari kemewahan, melainkan dengan penuh kesederhanaan, mengundang para pemuda milenial desa setempat yang memiliki bisnis online kami bekerjasama dengan salah satu tokoh masyarakat untuk menyelenggarakan acara pelatihan ini. Selain narasumber Ibu Anis Mufarrohah, S.Pd yang memang kapabel di dunia per online-an dengan penjelasan yang gamblang dan mudah dipahami, target peserta dalam acara pengabdian ini  juga terpenuhi dan sangat ideal, yakni para pemuda pemudi di salah satu desa di Tulungagung.  Selain itu, materi yang disampaikan oleh narasumber juga sangat ringan, renyah, simpel dan mudah untuk diaplikasikan, sehingga membuat para peserta bersemangat mengikuti acara hingga akhir. Beberapa inti poin dalam berbisnis online bagi pemula menurut narasumber yang perlu diperhatikan adalah:

1) Tentukan produk yang akan dijual, kenali produknya dan kenali peluangnya. 20) Jika banyak pesaing produk yang sejenis, maka harus pandai dalam berinovasi. 3) Perhatikan waktu dalam posting. 4) Tentukan target market dengan benar. 5) Pastikan posting di waktu waktu mustajabah untuk jualan, seperti di jam istirahat siang, bakda isya' dan menjelang tidur. 6) Buat status covertselling atau promosi dengan cara terselubung, karena pada dasarnya sosmed bukanlah tempat untuk berjualan.

Demikian beberapa poin yang disampaikan oleh narsum. Selanjutnya di akhir acara, panitia juga menyediakan doorprize kecil-kecilan yang kami bagikan untuk peserta beruntung tentunya setelah memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku. Perlu diketahui, kegiatan pengabdian ini merupakan bagian dari salah satu pelaksanaan wajib Tridharma Perguruan Tinggi.